Skip to main content

Awal Politik dalam Islam

Syari’at adalah salah satu komponen dasar islam yang mempunyai hubungan erat dengan politik dalam arti yang sangat luas. islam dan politik mempunyai titik singgung yang kuat bila dipandang sebagai sarana menata hidup manusia secara menyeluruh, dimana keduanya mempunyai kepentingan. Pemikiran politik islam sebagai hasil sistematisasi ajaran-ajaran dalam tradisi kaum muslimin dibidang politik. Pertentangan pemikiran politik islam lebih disebabkan menafsirkan teks-teks normative agama dan basis sosial budaya yang menyikapinya. Perbedaan pemikiran itu sangatlah wajar karena islam secara jelas belum memberikan suatu ketetapan sistem kenegaraan yang baku dan harus di ikuti oleh seluruh umat.

Ketika Nabi wafat, para sahabat kebingungan dalam menentukan penganti Nabi, dari masalah tersebut muncullah sebuah teori awal pemikiran islam yaitu khilafah yang mempunyai seorang pemimpin. Dalam hal ini al qur’an dan hadist tidak ada yang dapat memberikan ketentuan yang jelas tentang mekanisme pemerintahan dan lembaga politik lainya. Yang jelas Al-Quran dan Hadis bukanlah sebuah kitab politik. tetapi kiranya kita perlu mengingat kembali sejarah hidup Nabi ketika saat nabi berada di Makkah maupun di Madinah. Pada saat periode Makkah, Nabi tidak mempunyai kekuasaan politik untuk menyongsong kenabianya, sementara di madinah nabi menjadi kepala politik.

Dalam islam, Negara di pandang sebagai instrument bagi tegaknya syari’ah dan ia bukan ektensi dari agama. Prof. Dr. Harun Nasution, mengatakan persoalan yang memicu konflik intelektual untuk yang pertama kalinya dalam islam yaitu masalah hubungan agama dengan Negara. Akar politik timbul ketika nabi wafat dimana pada saat itu memperselisihkan pemimpin, agama, dan Negara. Yang paling mencolok kala itu ketika terbunuhnya sahabat Usman bin Affan, setelah itu perebutan kepemimpinan antara sabat Ali bin Abithalib dan muawiyah.

Pada tahun 1905 berdirilah ormas islam pertama di Indonesia yang bernama Sarekat Ialam, Organisasi ini dirintis oleh Haji Samanhudi di Surakarta yang bergerak dibidang politik. di saat tahun yang sama berdiri pula organisasi yang menentang kolonial di Yogyakarta yang bernama Muhammadiyyah, pendirinya K.H.Ahmad Dahlan. Muhammadiyah ikut berperan dalam mendukung gerakan kebangsaan untuk lahirnya parlemen Indonesia.

Pada tanggal 31 januari 1926 berdirilah organisasi yang bergerak sosial kemasyarakatan serta paling mendominasi sampai sekarang, bernama Nahdlatul Ulama yang dipelopori oleh K.H. Hasyim Asyari. Ormas-ormas islam bergabung dalam persatuan masyumi (majlis syura muslimin), tetapi pada masa penjajahan jepang organisasi islam berubah menjadi parpol hal ini berdasarkan keputusan kongres pada tanggal 7 november 1945. Berawal dari situlah islam dan politik di Indonesia berjalan bersama, kendatipun kadang keduanya saling bertentangan.
Oleh: Dofri Sofwatul Anam


Comments

Popular posts from this blog

Tips Cara Mengatasi Error 5200 Printer Canon

Pada kesempatan kali ini saya akan share sedikit pengalaman saya tentang Printer Canon IP2770 , Banyak yang bertanya pada saya bagaimana sih cara mengatasi masalah Printer Canon Error 5200. Printer Canon pada masalah ini membutuhkan Reset Printer. Sebenarnya produsen Printer Canon sudah mengikutsertakan petunjuk penggunaan manual atau Helpdesknya. Disana menyatakan jika tinta sudah habis, maka Cartridge harus diganti dengan yang baru. Karena untuk menjaga kualitas hasil Print Out. Namun hampir semua orang dengan alasan ekonomis lebih memilih menyuntikan tinta ke Cartridge dari pada membeli Cartridge baru sesuai dengan petunjuk produsen Printer Canon, mengingat harganya tidak bisa dibilang murah. Tindakan suntik tinta biasanya berakibat printer menjadi Error, salah satunya adalah Error 5200. Error 5200 ini diakibatkan oleh perbedaan Inisialisasi Cartridge yang terpasang sebelum dilepas dari tempat Cartridge Printer Canon dan setelah dipasang kembali, hal ini membuat Printer t

Tradisi Begalan Banyumas

Salah satu Prosei Begalan Banyumas Jawa Tengah salah satu provinsi yang kaya budaya daerah. Diantaranya daerah Banyumas, dimana masyarakatnya mempunyai tradisi unik saat hari pernikahan. Dari tradisi yang ada, tradisi budaya di Banyumas meliputi, Begalan, Mitoni, Ngruwat, Tumpengan dan lain sebagainya. Salah satu budaya yang ada di Banyumas yaitu tradisi Begalan . Begalan meruapakan budaya adat warisan leluhur yang sampai sekarang masih dilaksanakan oleh masyarakat Banyumas. Begalan ini dilakukan pada acara pernikahan terutama pada pernikahan calon pengantin lelaki yang dalam silsilah keluarga menjadi anak sulung atau anak bungsu.  Di daerah Banyumas, tradisi Begalan ini menjadi bagian yang terpenting dalam prosesi pernikahan adat. Begitu kuatnya kepercayaan masyarakat Banyumas terhadap tradisi ini, seringkali pernikahan adat itu dinilai belum lengkap jika tradisi Begalan belum terlaksana. Tradisi Begalan Banyumas Didalam seni tradisi Begalan ada nuansa yang terkandung d

Unsur Layak Berita

Setelah kemarin kita belajar tentang cara menulis berita sekarang saya akan membagikan mengenai tulisan yang layak disebut berita. karena tidak semua tulisan bisa disebut berita. ada beberapa unsur yang membuat tulisan tersebut layak disebut berita. menurut kode etik Jurnalistik Wartawan Indonesia pasal 5 yang berbunyi “Wartawan Indonesia menyajikan berita secara berimbang dan adil, mengutamakan kecermatan dan ketepatan, serta tidak mencampuradukkan fakta dan opini sendiri. Tulisan berisi interpretasi dan opini wartawan agar disajikan dengan menggunakan nama jelas penulisnya” . (Kusumaningrat dan Purnama Kusumaningrat, 2006:47) Dari ketentuan yang ditetapkan Kode Etik Jurnalistik itu menjadi jelas pada kita bahwa berita harus cermat dan tepat atau dalam bahasa jurnalistik harus akurat. Selain itu berita juga harus lengkap, adil dan berimbang. Kemudian berita juga tidak mencampuradukkan fakta dan opini sendiri atau dalam bahasa akademis disebut objektif. Berita itu juga harus